DETAIL BERITA

Komitmen Dukung Kebersihan Lingkungan, Seluruh Elemen Masyarakat Buleleng Tuangkan Ratusan Liter Eco Enzyme

20 Oktober 2024 15 kali
Komitmen Dukung Kebersihan Lingkungan, Seluruh Elemen Masyarakat Buleleng Tuangkan Ratusan Liter Eco Enzyme

Aksi peduli lingkungan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Eco Enzyme Nusantara ke-5 di wilayah Kabupaten Buleleng melalui Dinas Lingkungan Hidup bersama seluruh elemen masyarakat diperingati dengan menuangkan dan menyemprotkan 125 liter cairan eco enzyme di wilayah Desa Adat Buleleng, Kecamatan/Kabupaten Buleleng, pada Minggu (20/10).

Dilokasi penuangan eco enzyme, Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Buleleng Ketut Santiana mengatakan pihaknya sangat mendukung dan mengapreasi atas kegiatan ini yang berkolaborasi dengan Desa Adat Buleleng relawan Eco Enzyme Nusantara Provinsi Bali dan Kabupaten Buleleng, siswa sekolah, Mahasiswa Undiksha, serta pengunjung Ex Pelabuhan Buleleng yang tengah berolahraga.

"Ini bentuk kesadaran kita menjaga kebersihan sumber daya air, tanah dan udara dengan eco enzym, kegiatan ini dapat mengurangi sampah organik rumah tangga dan mengurangi beban sampah di TPA Bengkala, karena bahan baku eco enzyme berasal dari sampah organik, selain itu sebagai fermentasi komposting dan mencegah kebakaran sampah di TPA Bengkala," ujarnya.

Pihaknya mengakui bahwasannya setiap bulan mengumpulkan cairan eco enzym hasil panen seluruh pegawainya untuk disumbangkan dalam pengelolaan taman-taman diperkotaan selain digunakan dalam rumah tangga, karena eco enzyme terbukti banyak sekali manfaat yang diberikan khususnya pada lingkungan dan tanaman.

Sementara itu, Desa Adat Buleleng yang konsisten dalam memasyarakatkan eco enzyme di empat belas banjar adat, mendapatkan penghargaan dari Relawan Eco Enzyme Provinsi Bali. Kelian Desa Adat Buleleng, Nyoman Sutrisna, menegaskan bahwa pelestarian lingkungan ini merupakan wujud nyata dari penerapan konsep Tri Hita Karana, yakni menjaga hubungan yang harmonis antara manusia dengan Tuhan, manusia dengan sesama, dan manusia dengan alam semesta. "Ini kita lakukan supaya alam menjadi sehat dan udara menjadi bersih. Mudah-mudahan masyarakat semakin sadar akan pentingnya menjaga lingkungan. Kalau lingkungan sehat, kita pun akan menjadi lebih sehat," pungkas Sutrisna.

Kegiatan ini diharapkan dapat terus menginspirasi masyarakat gumi den bukit untuk lebih peduli terhadap lingkungan dan berperan aktif dalam menjaga kelestarian alam di Buleleng.

Hal senada juga diungkapkan, Ketua Relawan Eco Enzyme Nusantara Buleleng, Ferry Tanaya, menjelaskan bahwa eco enzyme sangat baik dalam pengelolaan sampah organik, sejalan dengan Peraturan Gubernur Bali Nomor 47 Tahun 2019 tentang Pengolahan Sampah Berbasis Sumber. Selain itu, eco enzyme juga bermanfaat dalam meningkatkan kualitas air, tanah, dan udara di sekitar. “Kami berharap masyarakat bisa mengolah sampah dapurnya menjadi eco enzym dan bisa bermanfaat,”pungkasnya.

Baca Juga:

Berturut-Turut, Pemkab.Buleleng Raih Penghargaan Nasional dalam Pencairan Bantuan Keuangan Parpol