DETAIL BERITA

Puluhan Personil Satpol PP Buleleng Siap Jaga Ketertiban Lomba Gerak Jalan dan LKBB

09 Agustus 2023 239 kali
Puluhan Personil Satpol PP Buleleng Siap Jaga Ketertiban Lomba Gerak Jalan dan LKBB

Lomba Gerak Jalan merupakan kegiatan yang paling ditunggu jelang peringatan HUT RI. Bagaimana tidak, lomba yang disebut sebagai lomba pembakar semangat semua kalangan ini sangat disambut euforia setiap tahunnya oleh masyarakat.


Untuk di Kabupaten Buleleng, lomba gerak jalan tahun ini akan kembali di gelar dalam rangka memperingati HUT RI ke-78 pada tanggal 14 dan 15 Agustus tingkat SD dan SMP dengan menempuh rute sejauh 8 Km. Sedangkan untuk tingkat SMA/SMK dikhususkan untuk mengikuti Lomba Kreasi Baris Berbaris (LKBB) pada tanggal 16 Agustus.


Guna menciptakan situasi aman dan tertib saat kegiatan, sebanyak 60 personil dari Satpol PP Buleleng akan dikerahkan masing-masing 4 orang di 11 titik persimpangan termasuk juga digaris start dan finish. Dimana untuk rute gerak jalan akan diawali dari Jl. Udayana – Jl. Ngurah Rai – Jln. Pramuka – Jl. Diponegoro – Jl. Erlangga – Jl. Imam Bonjol – Jl. Gajah Mada – Jl. Veteran – Jl. Pahlawan – Jl. Sudirman – Jl. A. Yani – Jl. Dewi Sartika – Jl. Udayana, sedangkan untuk LKBB akan dipusatkan didepan Taman Kota Singaraja.


"Semoga dengan strategi pengamanan ini dapat menciptakan situasi yang kondusif, nyaman, aman dan tertib saat lomba nanti," tegas Kepala Satpol PP Buleleng I Gede Arya Suardana saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Selasa (8/8).


Suardana menegaskan, untuk lomba LKBB yang rencananya akan diagendakan di jalan seputaran Taman Kota Singaraja berpotensi dipenuhi kepadatan penonton. Oleh karena itu, pihaknya akan berkoordinasi dengan panitia dalam hal ini Disdikpora Buleleng untuk memasang pembatas atau pagar disekitaran pertunjukan.


"Kami akan berkoordinasi dengan Disdikpora untuk sekiranya bisa memasang pagar atau pembatas diseputaran kegiatan untuk mengantisipasi lonjakan pengunjung agar situasi tetap kondusif saat acara berlangsung. Terlebih lagi bisa melibatkan unsur kepolisian untuk membackup keamanan," imbuhnya.


Mantan Camat Banjar itu menambahkan, selain di Kabupaten, Lomba Gerak Jalan tingkat SD juga diselenggarakan dimasing-masing kecamatan. Namun untuk keamanan dan ketertiban acara disana sudah dikoordinasikan oleh Muspika Kecamatan masing-masing, yang terdiri dari unsur Satpol PP Kecamatan, Danranmil, Bhabinkamtibnas termasuk Linmas disana. Hanya saja skala anggota Satpol PP di kecamatan lebih sedikit daripada di kabupaten.


Diakhir, pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk bersama-sama menjaga keamanan dan jangan menjadikan event ini untuk menunjukkan ego pribadi bahkan kelompok sehingga mengganggu situasi kenyamanan dan ketertiban saat kegiatan. "Mari sambut lomba ini dengan menunjukkan rasa nasionalisme. Masyarakat bisa menonton dan sekiranya bisa menjaga situasi keamanan dan ketertiban. Itu yang kami harapkan," tutupnya. (Suy)

Baca Juga:

Disdikpora Buleleng Tanggulangi Kekerasan di Sekolah Melalui TPPK