DETAIL BERITA

Kolaborasi Pemdes Loka Paksa, TNI dan Unud Bersihkan Sungai serta Tebar 2000 Ekor Nila

12 Agustus 2024 68 kali
Kolaborasi Pemdes Loka Paksa, TNI dan Unud Bersihkan Sungai serta Tebar 2000 Ekor Nila

Dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan, Pemerintah Desa Loka Paksa bersinergi dengan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Udayana (Unud) dan didukung oleh anggota TNI. Kegiatan bersih-bersih ini tidak hanya membersihkan aliran sungai, namun juga memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

Selain membersihkan sungai, kegiatan ini juga dimeriahkan dengan penebaran 2000 ekor benih ikan nila yang diperoleh dari Balai Benih Ikan Seririt. Tak hanya itu, kelompok peduli lingkungan, Bersih-Bersih Bali, turut berkontribusi dengan menuangkan eco enzyme ke sungai. Eco enzyme, cairan hasil fermentasi sampah organik, diharapkan dapat membantu memperbaiki kualitas air sungai.

Perbekel Desa Loka Paksa, Putu Dodi Triana, mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan langkah awal untuk mengubah pola pikir masyarakat. “Kami ingin masyarakat menyadari bahwa kebersihan lingkungan adalah tanggung jawab bersama. Mulai dari lingkungan rumah, kita harus membiasakan diri untuk memilah sampah organik dan anorganik. Sampah yang telah dipilah akan kami kelola lebih lanjut,” ujar Dodi, Senin, (12/8).

Selain itu kolaborasi antara pemerintah desa, mahasiswa KKN, TNI, dan kelompok peduli lingkungan ini menjadi contoh nyata sinergi yang baik. Kegiatan ini tidak hanya membersihkan sungai, tetapi juga memberikan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan sekitar.

Dodi berharap, melalui kegiatan ini, masyarakat semakin peduli terhadap lingkungan dan turut aktif dalam menjaga kebersihan sungai. "Dengan sungai yang bersih, diharapkan ekosistem di sekitar sungai juga akan terjaga dengan baik," tutupnya

Baca Juga:

HIPMI Buleleng Gelar Muscab XI, Kukuhkan Bayu Mandayana Sebagai Ketum 2023-2026