Berita

<

Tebar Ribuan Benih Ikan, Bupati PAS Berharap Jaga Pelestarian dan Ekosistem Danau Buyan

24 Juni 2022 68 kali

Untuk menjaga keseimbangan lingkungan atau ekosistem perairan umum khususnya di Danau Buyan, Pemerintah Kabupaten Buleleng melakukan kegiatan Bali Resik dan Penebaran Benih Ikan serangkaian peringatan Bulan Bung Karno IV Tahun 2022 yang bertempat di Danau Buyan, Kecamatan Sukasada Jumat, (24/6).

Sebanyak 10 ribu benih ikan nila ditebar di Danau Buyan hari ini. Penebaran ini dilakukan untuk menjaga kelestarian danau tersebut yang nantinya bisa memberikan manfaat secara tidak langsung untuk masyarakat disekitaran danau.

Ditemui usai melakukan penebaran ikan, Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana menyampaikan demi mewujudkan kelestarian lingkungan di Danau Buyan agar tidak ada lagi keramba ikan. Hal itu sudah dilakukannya guna menjaga keindahan danau.

Disamping itu, Bupati yang akrab disapa PAS menegaskan pihaknya juga sudah menyiapkan alat berat untuk membersihkan gulma diseputaran pinggir danau.

"Gulma itu harus segera dibersihkan. Sehingga permukaan danau kembali seperti sedia kala," tegas Bupati asal Desa Banyuatis itu.

Tidak sampai disitu saja, dukungan pemerintah dalam mempercantik kawasan wisata di danau terus dilakukan. Salah satunya dengan merapikan pada zona titik-titik tertentu pada area sekitaran danau dengan memanfaatkan limbah tanah dari proyek shortcut.

"Kita bisa lihat sekarang kawasan disini menjadi lebih bersih dan bagus. Ini membuktikan pemerintah dan masyarakat sekitar sudah bersinergi dengan baik. Hal itu akan berdampak langsung pada perkembangan pariwisata dan tentunya akan meningkatkan PAD di Kabupaten Buleleng" pungkasnya. (Mdy)