• SELAMAT DATANG DI WEBSITE PPID KABUPATEN BULELENG
Baca Berita

Kadispar Buleleng Bersama Perwakilan Kementerian Kelautan Dan Perikanan Lakukan Diskusi Terkait Renovasi Gedung Pusat Konservasi Di Pemuteran

Oleh : ppidbuleleng | 20 Februari 2019 | Dibaca : 33 Pengunjung

Pemuteran, 20 Februari 2019, Kepala Dinas Pariwisata Kab. Buleleng, Ir. Nyoman Sutrisna, M.M didampingi Kepala Bidang Destinasi Pariwisata, Ketut Suteja SE bersama Ibu Santi perwakilan dari Kementrian Kelautan dan Perikanan, Perwakilan Dinas Perikanan Kab. Buleleng, Perwakilan Yayasan Karang Lestari yang bergerak dalam bidang pemberdayaan masyarakat dan Desa Adat melakukan diskusi perihal bantuan renovasi gedung pusat konservasi di Pemuteran yang rencananya akan dipergunakan untuk wisata edukasi. Dalam hal ini, Ibu Santi sangat mendukung kegiatan - kegiatan kepariwisataan termasuk fasilitas - fasilitas pendukung dan pelatihan - pelatihan masyarakat pesisir khususnya di perairan Pemuteran selama kegiatan tersebut tidak merusak ekosistem dan biota laut. Kementrian Kelautan dan Perikanan juga bersinergi dengan Kementrian Pariwisata demi mendukung kemajuan dan perkembangan pariwisata di Buleleng dalam hal ini juga khusus untuk wisata baharinya.

Disini juga dipaparkan bahwa dalam struktur organisasi Yayasan Karang Lestari, terdapat tim Biorock yang mengedukasi masyarakat tentang pelestarian terumbu karang sehingga para generasi muda menjadi lebih tahu bahwa dengan ikut menjaga kelestarian terumbu karang berarti ikut menjaga desa dan meningkatkan taraf hidup.

Hari ini juga dilakukan pengecekan lokasi proyek sebagai salah satu persyaratan supaya gedungnya bisa segera diproses konstruksinya, termasuk sarana prasarana dan fasilitas penunjang. Terkait dengan perencanaan, nanti akan disiapkan konsultan individual yang dokumen - dokumennya akan diresmikan oleh pihak Kementrian Kelautan dan Perikanan yang nantinya akan dikerjakan oleh rekanan yang akan melaksanakan pembangunan gedungnya. Sedangkan untuk masalah lahan, selama ada kesepakatan atau perjanjian antara kelompok pengguna dalam hal ini pihak Yayasan Karang Lestari dengan pemilik lahan, maka proyek bisa dilanjutkan pelaksanaannya.

Semoga dengan adanya program ini, Kawasan Konservasi Perairan khususnya di Buleleng bisa semakin dikenal sekaligus mengedukasi tentang pelestarian alam dan mampu meningkatkan target kunjungan wisatawan ke Buleleng. #yukkebuleleng


Oleh : ppidbuleleng | 20 Februari 2019 | Dibaca : 33 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :