• SELAMAT DATANG DI WEBSITE PPID KABUPATEN BULELENG
Baca Berita

Bagian Layanan Pengadaan Sekretariat Daerah Kab. Buleleng menggelar Rapat Persiapan Kaji Ulang/Reviu Rencana Umum Pengadaan (RUP) Tahun Anggaran 2019

Oleh : ppidbuleleng | 15 Oktober 2018 | Dibaca : 225 Pengunjung

sebagai langkah awal sebelum menapaki tahun 2019, Pemerintah Kabupaten Buleleng melalui Bagian Layanan Pengadaan Sekretariat Daerah Kab. Buleleng menggelar Rapat Persiapan Kaji Ulang/Reviu Rencana Umum Pengadaan (RUP) Tahun Anggaran 2019, Rabu (10/10) siang. Kegiatan digelar diruang rapat Unit IV lantai 2 Kantor Bupati Buleleng dengan dihadiri para Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) di Lingkup Kab. Buleleng serta turut pula dihadiri anggota pokja pemilihan.

Kegiatan yang dibuka langsung Kepala Bagian Layanan Pengadaan, I Putu Adiptha Ekaputra, ST.,MM bertujuan untuk melaksanakan  amanat Perpres 16 Tahun 2018 dan Perka LKPP Nomor No. 7 Tahun 2018 yang menyebutkan bahwa :

    Identifikasi kebutuhan dalam proses Perencanaan Pengadaan dapat dilakukan sebelum penetapan pagu indikatif/Nota Kesepakatan KUA-PPAS untuk pengadaan strategis yang sudah teridentifikasi dalam Rencana Strategis (RENSTRA) Kementerian/Lembaga/Perangkat
    Perencanaan Pengadaan yang dananya bersumber dari Anggaran Pendapatan, dan Belanja Daerah (APBD) dilakukan bersamaan dengan proses penyusunan RKA Perangkat Daerah setelah nota kesepakatan Kebijakan Umum APBD serta Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS).

Selain itu disampaikan pula para pihak yang terlibat dalam Perencanaan Pengadaan, meliputi PA/KPA dan PPK yang masing-masing memiliki tugas dan kewajiban diantaranya:

    PA/KPA: menetapkan Perencanaan Pengadaan, menetapkan dan mengumumkan RUP dan melaksanakan Konsolidasi Pengadaan Barang/Jasa
PPK memiliki tugas menyusun Perencanaan Pengadaan sesuai kebutuhan Perangkat Daerah masing-masing, untuk tahun anggaran berikutnya sebelum berakhirnya tahun anggaran berjalan

    Hal-hal yang dilaksanakan dalam perencanaan pengadaan meliputi identifikasi kebutuhan, penetapan barang/jasa, cara pengadaan barang/jasa, jadwal pengadaan barang/jasa, anggaran pengadaan barang/jasa dan pengumuman RUP.

    Diharapkan dengan pelaksanaan kaji ulang/reviu RUP lebih awal permasalahan-permasalahan yang sebelumnya kerap terjadi didalam pengadaan barang/jasa misal tender batal maupun kurangnya waktu pelaksanaan serta kendala lainnya dapat diminimalisir.


Oleh : ppidbuleleng | 15 Oktober 2018 | Dibaca : 225 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :