• SELAMAT DATANG DI WEBSITE PPID KABUPATEN BULELENG
Baca Berita

Siaga Corona, Dishub Buleleng Tiadakan Car Free Day

Oleh : ppidbuleleng | 20 Maret 2020 | Dibaca : 36 Pengunjung

Guna mengantisipasi penyebaran Covid-19 atau yang lumrah disebut Virus Corona, car free day yang biasanya diadakan setiap hari Minggu pagi di Taman Kota Singaraja kini ditiadakan. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Buleleng Gede Gunawan Adnyana Putra ketika ditemui di Terminal Barang Singaraja pada Jumat (20/3).

Lebih lanjut, Gunawan mengatakan langkah antisipasi itu dilakukan guna mengurangi kerumunan massa terutama di wilayah yang tercakup dalam area car free day seperti Taman Kota Singaraja dan sepanjang jalan Ngurah Rai dari Tugu Singa Ambara Raja hingga persimpangan Jl. Udayana.

"Demi memperkecil ruang tempat berkumpulnya dan berinteraksinya masyarakat" jelasnya.

Terkait waktu pelaksanaannya, Gunawan mengatakan peniadaan car free day akan dimulai besok (21/3) hingga batas waktu yang tidak ditentukan tergantung dari kebijakan pemerintah pusat terkait Corona ke depannya.

Selain peniadaan car free day, pihaknya melakukan upaya lainnya untuk pencegahan Corona antara lain melakukan penyemprotan disinfektan secara rutin pada ruang publik Dishub seperti ruang kerja, loket pelayanan dan ruang tunggu di Kantor Dishub.

Pada ruang kerja, loket pelayanan, dan ruang tunggu kata Gunawan sudah dipasang wastafel lengkap dengan hand sanitizer. Semua itu disiapkan bagi para pegawai Dishub maupun masyarakat yang datang ke Dishub.

Selain itu, pihaknya juga secara rutin setiap pagi melakukan penyemprotan disinfektan secara menyeluruh di Kantor Dishub dan seluruh terminal di Kabupaten Buleleng yaitu Terminal Banyuasri, Terminal Barang Singaraja, Terminal Penarukan, Terminal Sukasada dan Terminal Seririt.

"Kita lakukan serentak, staf-staf kami sudah melaksanakan hal itu" imbuh Gunawan

Pihaknya juga melakukan penyemprotan disinfektan pada truk dan angkutan umum serta mensosialisasikan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) kepada para pengemudinya. 

"Kami mewajibkan para sopir untuk melaksanakan cuci tangan pada wastafel yang sudah kami sediakan" ungkapnya.

Setelah melakukan upaya ini, Gunawan mengharapkan pihaknya dapat mencegah penyebaran Corona secara signifikan. (cnd)


Oleh : ppidbuleleng | 20 Maret 2020 | Dibaca : 36 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :