• SELAMAT DATANG DI WEBSITE PPID KABUPATEN BULELENG
Baca Berita

Mewujudkan Wahana Informasi Masyarakat Desa, Diskominfosandi Mendorong Pembentukan KIM

Oleh : ppidbuleleng | 11 Juni 2019 | Dibaca : 35 Pengunjung

Dinas Komunikasi, Informatika, dan Persandian (Diskominfosandi) Kabupaten Buleleng melakukan sosialisasi pembentukan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Desa Depeha bertempat di Wantilan Kantor Desa Depeha, Kubutambahan pada Selasa (11/6). Sosialisasi KIM ini menghadirkan Putu Suryada Shanti dari Diskominfosandi sebagai narasumber didampingi Kepala Seksi Sumberdaya Komunikasi Publik Diskominfosandi Gede Suka Budiaman dan Perbekel Desa Depeha I Made Semaraguna. Sosialisasi ini diikuti oleh peserta dari unsur karang taruna dan masyarakat Desa Depeha.

Putu Suryada Shanti selaku narasumber menjelaskan, tujuan dibentuknya KIM ini adalah untuk mewujudkan masyarakat inovatif dalam meningkatkan nilai tambah bagi masyarakat melalui pendayagunaan informasi dan komunikasi. Suryada melanjutkan, dengan adanya KIM akan mengoptimalkan penyerapan aspirasi masyarakat desa, sehingga dapat menyepakati gagasan pembangunan yang akan diajukan ke pemerintah, selanjutnya dalam berkomunikasi dengan pemerintah, KIM akan menjadi mitra dialog bagi masyarakat desa dengan pemerintah sehingga dapat menyampaikan gagasan dari masyarakat desa sebagai pertimbangan dalam perumusan kebijakan publik. Selain itu, Suryada menambahkan KIM ini juga berfungsi sebagai stimulus peningkatan literasi masyarakat dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pemecahan masalah di kehidupan sehari-hari, misalnya memanfaatkan internet dalam melakukan usaha bisnis. Suryada berharap setelah diadakannya sosialisasi ini, masyarakat desa dapat mendayagunakan KIM dengan optimal untuk memajukan perekonomian desa.

Sementara itu, Perbekel Depeha I Made Semaraguna menyambut baik sosialisasi pembentukan KIM ini, Ia mengungkapkan Desa Depeha memiliki potensi yang besar pada budidaya mangga, namun masyarakat mengalami kesulitan dalam pemasarannya sehingga produk mangga yang dihasilkan sebagian besar dijual ke pengepul. Perbekel Semaraguna berharap dengan dibentuknya KIM Desa Depeha, masyarakat dapat memanfaatkan teknologi informasi terkini dalam pemasaran produk mangga Desa Depeha sehingga tidak lagi bergantung kepada pengepul.

Kabupaten Buleleng sampai saat ini sudah ada 32 KIM yang terbentuk di seluruh Kecamatan. Tahun 2019 ini telah direncanakan untuk membentuk 9 KIM baru. Desa Depeha merupakan salah satu dari 9 Desa yang menjadi sasaran pembentukan KIM tersebut. 9 Desa yang meliputi Desa Tinga-tinga, Umeanyar, Les, Sepang Kelod, Tegallinggah, Galungan, Alasangker, dan Sidetapa adalah desa-desa yang menurut data dari Bappeda Litbang Kabupaten Buleleng ditetapkan sebagai desa dengan kategori tertinggal. (cnd)


Oleh : ppidbuleleng | 11 Juni 2019 | Dibaca : 35 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :