• SELAMAT DATANG DI WEBSITE PPID KABUPATEN BULELENG
Baca Berita

Buleleng Terima Evaluasi SPBE dengan Kategori "Baik"

Oleh : ppidbuleleng | 29 Maret 2019 | Dibaca : 63 Pengunjung

Pada tahun 2018, Pemerintah Kabupaten Buleleng mengikuti Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang diselenggarakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) RI.
Hasil evaluasi tahun lalu tersebut diserahkan secara resmi kepada seluruh kementerian/lembaga dan pemerintah daerah pada hari Kamis, 28 Maret 2019, bertempat di Ballroom Hotel Bidakara, Jakarta.

Kepala Dinas Kominfo dan Persandian, Dr. Drs. I Ketut Suweca, M.Si yang mendampingi Wakil Bupati Buleleng, Dr. Nyoman Sutjidra, Sp.OG yang menghadiri  acara tersebut menjelaskan bahwa pelaksanaan SPBE di lingkungan Pemerintah Kabupaten Buleleng sudah mampu memberikan hasil yang mengejutkan yakni dengan  indeks sebesar 2,99 (Baik), walaupun evaluasi SPBE baru pertama kali diselenggarakan dan diikuti. Nilai terendah untuk kategori Baik adalah 2,6.

Dijelaskan, dengan indeks sebesar itu, Pemerintah Kabupaten Buleleng dalam evaluasi ini termasuk 8% Pemerintahan Kabupaten yang ber-indeks SPBE kategori Baik. Sisanya, 92% Pemerintah Kabupaten masih ber-indeks di bawah 2,6 (cukup/kurang). "Rata-rata indeks SPBE di seluruh Kabupaten se-Indonesia hanya 1,77. Sedangkan Pemerintah Kabupaten Buleleng bisa meraih indeks sebesar 2,99 dengan Kategori Baik," ujarnya.

Suweca menambahkan, bahwa pada penilaian pertama ini, baru ada penilaian Baik sebagai nilai tertinggi. Belum ada pemerintah kabupaten yang mampu di atas kategori Baik. "Buleleng termasuk 8% Pemerintahan Kabupaten yang ber-indeks Baik," jelas Suweca.

Dikatakan, aspek penilaian SPBE meliputi domain kebijakan SPBE, domain Tata Kelola, dan domain Layanan SPBE. "Yang paling tinggi nilai Buleleng ada pada strategi dan perencanaan (nilai 4,00) dan kelembagaan (3,00) sebagai bagian dari domain Tata Kelola. Di samping itu, yang mendukung pula adalah nilai administrasi pemerintahan (3,14) sebagai bagian dari domain Layanan SPBE," urainya.

Suweca menyatakan rasa syukur atas tercapainya indeks ini, dan menyampaikan terima kasih yang mendalam kepada seluruh pimpinan di lingkungan pemerintah kabupaten Buleleng atas komitmen dan dukungan yang diberikan.

"Khusus kepada jajaran di Kominfosandi saya menyampaikan terima kasih yang setinggi-tingginya atas kerja keras dan kerja cerdas serta sinergitas yang terjaga selama ini. "Ini merupakan modal yang utama untuk mencapai prestasi lebih baik lagi masa datang," ujarnya didampingi Kabid Layanan e-Government, Ngakan Dharma Yudha, SE, MPA yang turut hadir pada acara itu.

Ditambahkan Suweca, tahun 2019 Pemerintah Kabupaten Buleleng juga telah mengikuti penilaian Smart City yang diselenggarakan oleh Kementerian Kominfo RI. "Semoga hasilnya juga sesuai harapan kita bersama, " katanya penuh harap.


Oleh : ppidbuleleng | 29 Maret 2019 | Dibaca : 63 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :