• SELAMAT DATANG DI WEBSITE PPID KABUPATEN BULELENG
Baca Berita

Bimtek PPID Buleleng Hadirkan Adnyana Ole dan Emanuel Dewata Oja

Oleh : ppidbuleleng | 19 Oktober 2017 | Dibaca : 267 Pengunjung

Sebagaimana diamanatkan dalam Pasal 13 UU No. 14 Tahun 2008 dan Pasal 7 Permendagri No.35 Tahun 2010 tentang pedoman penggelolaan pelayanan informasi dan dokumentasi di lingkungan Kementrian Dalam Negeri dan Pemerintah Daerah, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota wajib menetapkan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) melalui  keputusan kepala daerah. Dimana salah satu tugas dari Pejabat PPID adalah menyediakan informasi publik bagi pemohon informasi. 

Guna memberikan nilai tambah untuk melaksanakan pelayanan informasi kepada publik, PPID Kabupaten Buleleng menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) pada hari Kamis, 19/10/17 di Ranggon Sunset Singaraja. Kegiatan Bimtek ini dibuka langsung oleh Ketua PPID Kabupaten Buleleng, Drs. Made Supartawan, MM yang juga selaku Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Buleleng, didampingi Kasubag. Dokumentasi dan Informasi Bagian Humas dan Protokol, Nym. Mariani Febrianti, S.Sos.,M.A.P., dimana peserta bimtek diikuti oleh PPID Pembantu di lingkup Pemkab Buleleng, dan menghadirkan dua narasumber yaitu Made Adnyana Ole dari Tatkala.co dan Emanuel Dewata Oja yang menjabat sebagai Sekretaris Persatuan Wartawan Indonesia Bali yang juga selaku Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Bali.
Pada saat kegiatan bimtek berlangsung, Made Adnyana Ole yang juga lama melintang sebagai wartawan menjelasakan kepada peserta bimtek bagaimana cara memberikan informasi dan tata cara menuliskan suatu informasi agar lebih baik dan menarik sehingga timbul minat membaca bagi pemohon informasi. Salah satunya adalah menentukan LEAD berdasarka 5W1H, Who, What, When, Where, Why, How. 
Dalam jurnalistik Indonesia ada beberapa istilah untuk menyebut teras berita (Lead), yaitu pengantar berita, awal berita, dan intro. Teras berita atau lead adalah bagian yang penting dari sebuah berita, yang ditempatkan pada paragraf pertama di bawah judul berita. Teras berita dapat berupa sebuah kalimat atau beberapa kalimat (dua atau tiga buah kalimat) yang terikat pada sebuah paragraf teras berita ini harus menarik dan ditulis dalam kalimat-kalimat pendek.
Teras berita menggambarkan isi berita pada tubuh berita (detail). Karena itu, sebuah teras berita meskipun ditulis dalam kalimat-kalimat singkat harus memuat unsur-unsur 5W dan 1H. Sementara itu, Emanuel Dewata Oja yang akrab di sapa Edo menjelaskan tentang Strategi Pelaayanan Informasi khususnya kepada wartawan. 
 
Diakhir bimtek sebagai penutup, Kabag Humas dan Protokol, Made Supartawan menambahkan, usai pelaksanaan bimtek ini diharapkan Tim PPID akan memperoleh tambahan pengetahuan dan pemahaman mengenai pelaksanaan tugas dan fungsi selaku PPID. Kedepannya, semoga PPID Buleleng dapat terus meningkatkan prestasinya, dan yang terpenting dapat terus meningkatkan kualitas pelayanan informasi publik kepada masyarakat, sehingga dapat memenuhi hak-hak masyarakat akan informasi. 


Oleh : ppidbuleleng | 19 Oktober 2017 | Dibaca : 267 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :